Senin, 06 April 2009

About iklan

Menurut pengertian etimologis Iklan berarti pemberitahuan. Periklanan berasal dari advertising yang berarti proses pemberian informasi kepada khalayak melalui media. Namun ada beberapa ahli yang menguraikan apa itu iklan;
• Iklan adalah adalah semua yang dibayar; presentasi yang bersifat nonpersonal dan promosi dari gagasan, barang atau jasa dengan mengidentifikasi orang. (kotler)
• Iklan adalah Suatu kegiatan atau aktivitas yang menyajikan suatu ide, tujuan atau jasa tertentu yang ditujukan kepada konsumen, yang mana kegiatan tersebut dibiayai oleh sponsor yang diketahui masyarakat umum. (Wells, Burnett, and Moriarty, 1995 : 11 )
Definisi dan tujuan iklan
Definisi iklan menurut Dyer (1996), adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail, reklame ruangan,kendaraanumum.
Menurut Dryer dalam bukunya Advertising as communication (1996), Salah satu cara untuk mengklasifikasikan iklan adalah dengan melihat dari fungsi serta teknik iklan tersebut. Iklan dapat diklasifikasikan dalam beberapa kategori yaitu :
1.CompoundAdvertising
Merupakan iklan yang berisi tetang informasiasi berupa gambar untuk mempersuasi orang. Iklan kategori ini mengutamakan gambar-gambar yang menarik dalam tujuannya untuk melakukan persuasi terhadap masyarakat. Biasanya, iklan ini menggunakan model-model yang menarik ataupun gambaran kehidupan masyarakat yang imajinatif dan menyenangkan.
2.ComplexAdvertising
Merupakan iklan yang fokus dengan gambaran tentang status dan
kemewahan untuk membentuk citra produk yang diiklankan. Status
yang dimaksud dalam iklan kategori ini berhubungan dengan uang,
kemakmuran, prestise. Salah satu contoh dari iklan ini adalah iklan
rokok di Indonesia. Dalam iklan rokok, produk tidak ditampilkan
secara langsung namun berupa adegan-adegan yang menjadi identitas dari rokok tersebut.



3.SophisticatedAdvertising
Merupakan perpanjangan complex advertising namun pada iklan ini
gambaran yang digunakan lebih banyak merupakan gambaran fantasifantasi masyarakat yang cenderung tidak masuk akal.

Ciri-ciri iklan
Menurut Tom Brannan dalam bukunya Integrated Marketing
Communication (2004) terdapat beberapa ciri-ciri dan kelebihan iklan yaitu:
1. Public Presentation : sikap publik dari iklan memberi semacam
legitimasi pada produk dan mengesankan penwaran yang
terstandarisasi. Banyak orang akan menerima pesan yang sama
2. Persuasiveness : Pemasar bisa mengulang-ulang pesan yang sama melalui iklan, Dengan iklan pembeli bisa menerima dan
membanding-bandingkan pesan dengan berbagai perusahaan yang bersaing.Iklan berskla besar akan memberi kesan positif terhadap ukuran, kekuatan dan kesuksesan perusahaan
3. Amplified expressiveness : iklan memberi peluang untuk
mendramatisir perusahaan dan produknya melalui penggunaan
cetakan, bunyi, dan warna.
4. Impersonality : audiens tidak wajib menaruh perhatian atau
merespons iklan. Iklan merupakan monolog di depan audiens
bukan sebuah dialog di hadapan audiens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar